Sabtu, 08 Oktober 2011

Perkembangan Storage Device

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,bahkan hiburan.

Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri. Atas dasar itu saya mencoba membahasnya dalam bentuk paper dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi saya.

Banyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi saya coba menulis paper dengan perkembangan storage device yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika saya membahas secara keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak.

Paper ini saya susun sangat simpel agar para pembaca mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya,

1.2 RUMUSAN MASALAH

1. Bagaimana perkembangan storage device?

2. Apa saja jenis-jenis storage device?

1.3 Tujuan

Agar pembaca dapat mengetahui perkembangan storage device dan jenis-jenis storage device itu sendiri.

`Perkembangan Storage Devices

Storage device di sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untuk menyimpan data dan sistem operasi. Perkembangan storage device sejak komputer diciptakan berubah-ubah. Banyak jenis-jenis dari storage devices ini namum yang saya jelaskan disini hanya beberpa saja. Berikut adalah jenis-jenisnya :

1. Punch Card

Pada tahun 1725,Basile Bouchon merancang sebuah media untuk menyimpan data menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Tetapi pertama kali diciptakan untuk penyimpanan data pada tangal 23 September 1884 oleh Herman Hollerith. Contohnya adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun 1972. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data tapi menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

2. Paper Tape

Pada tahun 1846,Alexander Bain adalah orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram. Setiap baris tape menampilkan satu karakter, tapi karena dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape daripada punch card.

3. Magnetic Tape

Pada tahun 1950-an,magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.

4. Compact Cassette

Compact Cassette adalah salah satu bagian dari Magnetic Tape,tetapi karena sudah banyak dari kita yang sudah memilikinya,hal itu menjadi bagian yang khusus. Compact Cassette diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan kaset untuk menyimpan data. Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700kB hingga 1MB dari data tiap sisinya. Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam Compact Cassette dapat dijalankan selama 281 hari.

5. Floppy Disk

Floppy Disk Drive adalah suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah. Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Selain dapat menyimpan data didalam disket floppy disk juga dapat untuk booting computer, di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A” dan flopy “B” tetapi biasanya yang terpasang hanya flopy “A “ saja karena kegunaannya sangatlah terbatas. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

6. Hard Disk

Hard disk adalah salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter. Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan atau membacanya. Slider terpasang di atas arm, yang terhubung pada suatu kumpulan tunggal dan tersambung pada permukaan piringan melalui actuator. Selain itu ada juga logic board mengatur aktifitas komponen-komponen lain dan berkomunikasi dengan PC

PENUTUP

Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga paper ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada umumnya. Apabila paper ini terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan/pembahasan paper mengucapkan mohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar