Sabtu, 23 Oktober 2010

Masalah dalam Organisasi Umum

Hal-hal yang sering terjadi didalam sebuah ORGANISASI, yang merupakan sesuatu budaya yang ada saat ORGANISASI tersebut mulai dijalankan. KONFLIK Secara sosiologis diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain hingga tak lagi berdaya. KEPUTUSAN merupakan suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan – kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya.


Sedangkan SOLUSI adalah penyelesaian suatu konflik serta hasil akhir dari suatu keputusan bersama. Jadi dapat disimpulkan, bahwa ketiga point tersebut sangat berhubungan dalam memecahkan masalah yang ada didalam sebuah ORGANISASI, sebab dalam setiap kegiatan dimana-mana pasti ada konflik-konflik yang terjadi, entah karena suatu perbedaan pendapat atau yang lainya, sehingga dengan begitu, solusi sangat diperlukan sebagai penyelesaian dari masalah tersebut, dengan keputusan yang dibuat bersama-sama.


Pada umumnya pengambilan keputusan dan solusi masalah dalam berorganisasi dibutuhkan suatu kesepakatan yang benar-benar disetujui oleh semua pihak yang terkait dalam pemecahan masalah tersebut untuk menghindari konflik yang muncul. Konflik ini memang sering terjadi disaat pengambilan keputusan sedang berlangsung, disebabkan karena pendapat masing-masing kelompok atau anggota yang berbeda. Perbedaan pendapat ini merupakan bagian dari hirarki pengambilan keputusan serta solusinya, maka dari bebagai pendapat yang ada, kemudian dikumpulkan lalu dibicarakan maksud dan tujuannya, agar pihak yang terlibat bisa mengerti bagaimana tujuan yang sebenarnya. Solusi merupakan hasil akhir dari berbagai macam bentuk keputusan yang ada, yang disepakati bersama dengan persepsi atau sudut pandang dari semua pihak yang terkait dalam masalah tersebut, sehingga masalah tersebut dapat dipecahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar